SEMINAR PROPOSAL MAHASISWA PASCASARJANA STKIP PGRI BANDAR LAMPUNG PERIODE KEEMPAT: MENGUKUHKAN FONDASI PENELITIAN BERKUALITAS

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn

Bandar Lampung, 02 Mei 2025 — Semangat akademik kembali membara di lingkungan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Bandar Lampung seiring dengan digelarnya Seminar Proposal periode keempat bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia jenjang Pascasarjana. Acara yang berlangsung pada hari Jumat, 02 Mei 2025, menjadi momentum krusial bagi para calon magister pendidikan untuk mempresentasikan rancangan penelitian tesis mereka di hadapan para pakar dan kolega.

Bertempat gedung pascasrjana yang representatif di kampus STKIP PGRI Bandar Lampung, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa yang dijadwalkan untuk memaparkan proposal penelitian mereka pada periode ini. Seminar proposal ini bukan sekadar tahapan formalitas dalam kurikulum pascasarjana, melainkan sebuah forum akademik yang esensial untuk menguji validitas ide penelitian, metodologi yang diusulkan, serta potensi kontribusi karya ilmiah terhadap khazanah ilmu pengetahuan dan praktik pendidikan Bahasa Indonesia.

Dr. Wayan Satria Jaya, M.Si. selaku Ketua STKIP PGRI Bandar Lampung, membuka acara dengan menyampaikan orasi singkat yang penuh motivasi. Beliau mengapresiasi dedikasi dan kerja keras mahasiswa dalam merumuskan proposal penelitian yang beragam dan inovatif. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa kualitas penelitian yang dihasilkan oleh mahasiswa pascasarjana akan menjadi cerminan kualitas institusi serta kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan di tingkat regional maupun nasional.

“Hari ini adalah tonggak penting dalam perjalanan akademik Anda. Proposal yang Anda presentasikan adalah fondasi bagi karya ilmiah yang akan Anda bangun. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan umpan balik konstruktif dari para dosen pembimbing dan pembahas. Ingatlah, penelitian yang baik berawal dari perencanaan yang matang dan argumentasi yang kuat,” tegas Dr. Wayan Satria Jaya, M.Si.

Sesi presentasi proposal berlangsung secara paralel di beberapa ruangan, dengan tim pembahas yang terdiri dari dosen-dosen ahli di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia. Setiap mahasiswa diberikan waktu yang proporsional untuk memaparkan latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, tinjauan pustaka relevan, kerangka konseptual, serta metodologi yang akan digunakan. Setelah presentasi, sesi dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi mendalam antara tim pembahas dan mahasiswa.

Berbagai topik penelitian menarik dan relevan dengan perkembangan terkini dalam dunia pendidikan Bahasa Indonesia diangkat oleh para mahasiswa. Beberapa di antaranya meliputi kajian tentang implementasi model pembelajaran inovatif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa, analisis terhadap wacana kritis dalam media pembelajaran, pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal, pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran sastra, hingga isu-isu terkait dengan literasi dan multiliterasi di era globalisasi.

Salah seorang peserta seminar, Yuni Purbaningsing, yang mengangkat topik tentang upaya meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menulis teks narasi melalui pembelajaran berdiferensiasi siswa, mengaku mendapatkan banyak masukan berharga dari tim pembahas. “Saran terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi, validitas instrumen penelitian, dan analisis data sangat membantu saya untuk menyempurnakan proposal ini. Saya merasa lebih percaya diri untuk melanjutkan ke tahap penelitian,” ujarnya dengan antusias.

Pelaksanaan Seminar Proposal periode keempat ini tidak hanya menjadi ajang evaluasi, tetapi juga menjadi wadah bagi terjalinnya kolaborasi akademik dan pertukaran ide antar mahasiswa dan dosen. Suasana yang tercipta selama seminar sangat kondusif untuk perkembangan intelektual dan profesional para calon magister pendidikan.

Suksesnya pelaksanaan seminar proposal ini, diharapkan para mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana STKIP PGRI Bandar Lampung angkatan keempat dapat segera menyempurnakan proposal penelitian mereka dan melangkah ke tahap penelitian lapangan serta penulisan tesis. Karya-karya ilmiah yang dihasilkan nantinya diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan ilmu pendidikan Bahasa Indonesia serta meningkatkan kualitas pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan.

Kegiatan seminar proposal ini berlangsung secara maraton sejak pagi hingga sore hari, mencerminkan semangat dan dedikasi seluruh civitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana STKIP PGRI Bandar Lampung dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing.